Cara Backup File Eeprom Printer Epson Tanpa Alat Programer


Eeprom adalah sebuah memory yang di dalamnya dapat diisi file program atau firmware... atau dalam kata lain eeprom ini adalah nyawa, identitas sebuah prangkat keras digital yang menghubungan atau mengatur komponen yang ada dalam perangkat tersebut supaya dapat saling behubungan dan dapat melaksankan tugas sesuai program yang ada di dalamnya.

Dalam sebuah printer jika eeprom ini filenya rusak atau corrupt maka printer tidak akan jalan dengan baik atau dalam kata lain error bahkan dapat mengakibatkan printer tidak jalan sama sekali, dengan eeprom ini juga kita dapat merubah identitas sebuah printer misal printer Epson T13 menjadi L100. 

mengingat peranan eepson sangat penting alangkah baiknya kita backup. Adapun cara membackup nya ada yang melalui alat ( filenya langsung di copy ke ic eeprom dengan mengunakan  alat programmer eeprom) ada juga di backup langsung dari printer ke computer dengan program adjustment atau sering disebut program reseter.

Dan disini saya hanya akan membahas cara yang sederhana yaitu dengan program reseter.
Berikut ini adalah cara backup file eeprom dengan program reseter.
1.      Nyalakan printer, hubungkan dengan PC menggunakan kabel usb
2.      Buka program reseter sesuai jenis printer
3.      Untuk lebih jelasnya  bisa dilihat gambar berikut.
4.      pilih Particular adjustment mode, akan muncul tampilan berikut
5.      kemudiah pilih EEPROM Data Copy, selanjutnya akan mucul tampilan berikut
6.      kemudian pilih Backup. nanti akan tampil proses pengkopian filenya.

sampai di sini anda telah berhasil menyimpan atau backu file eeprom dari printer. Untuk file hasil backunya ada di C:\Adjustment Program\nama printer... lihat gambar ini
7.      Jika suatu saat anda ingin mengkopikan file eeprom ini ke printer lain, langkahnya sama dengan cara backup, tetapi setelah anda berhasil backup file eepromnya, anda buka folder tempat file eeprom hasil backupnya kemuadian ganti dengan file yang sudah anda backup sebelumya.... kemudain pilih restore

8.      sampai di sinin tutorial cara backup file eeprom printer epson,,, sampai bertemu di postingan selanjutnya... Semoga bemanfaat .

bagi yang malas untuk membeckup file eeprom epson L360,L310

Post a Comment