Cara Membuat Grup Ribbon Favorit di Excel


Dalam menggunakan aplikasi Microsoft Excel, Anda tidak mungkin selalu menggunakan semua tombol atau command yang ada di Ribbon Excel sekaligus, biasanya hanya beberapa tombol yang mungkin sering di pakai.

Terkadang tombol yang selalu digunakan tidak berada di tab ribbon atau grup yang sama, sehingga perlu waktu untuk mengaksesnya, kalau harus membuka beberapa tab terlebih dahulu.

Untuk itu Anda bisa mengumpulkan semua tombol favorit yang biasa digunakan dalam satu tab atau grup supaya memudahkan mengaksesnya, untuk caranya silahkan ikuti tutorial berikut ini:

1 Pada aplikasi Microsoft Excel, klik menu File → Excel Options.
2 Pada jendela Excel Options, klik Customize Ribbon.
3 Untuk membuat tab baru, klik New Tab.


Cara Membuat Grup Ribbon Favorit di Excel
hasilnya akan ada tambahan tab dan grup baru (New Tab Custom dan New Group Custom).

4 Untuk mengubah nama tab atau group bisa dengan cara klik kanan dan pilih rename.


Cara Membuat Grup Ribbon Favorit di Excel
5 Selanjutnya Anda bisa menambahkan tombol-tombol favorit, pilih All Commandspada pilihan Choose commands from untuk menampilkan semua tombol atau command yang tersedia di Excel. Pilih tombol favorit misal Calculator kemudian klik Add untuk menambahkan ke grup yang tadi di buat.


Cara Membuat Grup Ribbon Favorit di Excel
Ulangi lagi untuk menambahkan tombol favorit yang lain. Dan jangan lupa setelah selesai klik OK untuk menyimpannya.


Cara Membuat Grup Ribbon Favorit di Excel

Sekian Tips sederhana tentang Cara Membuat Grup Ribbon Favorit di Excel, Semoga Bermanfaat...

Post a Comment