Cara Mudah Menggunakan Fungsi IF pada excel

Fungsi IF  merupakan salah satu fungsi logika yang sangat simpel dan mudah diterapkan dalam pengolahan data spreadsheet microsoft excel. Pada kasus-kasus yang memerlukan pemilihan data, fungsi IF sering kali digunakan seperti pada kasus menampilkan data penilaian di bawah ini :Menggunakan dan memahami fungsi If pada Ms.Excel
Kolom Keterangan :
  • Nilai Angka 100 – 60 =Lulus
  • Nilai Angka 59 – 0 = Tidak lulus
Melihat keterangan di atas, kita hanya mempunyai dua kondisi yaitu kondisi  nilai 100 s/d 60 dengan keterangan  “lulus” dan nilai 59 s/d 0 dengan keterangan”tidak lulus”.
Cara menggunakan fungsi if pada Microsoft Excel dalam kasus ini, baiknya kita lihat kembali Tutorial Microsoft Excel untuk penulisan (syntax) Fungsi IF :
=IF(kondisi;nilai_jika_TRUE;nilai_jika_FALSE)
keterangan syntax :
  1. Kondisi : variabel yang menjadi acuan dalam menentukan nilai dan pada kasus di atas 100 – 60 atau 59-0 adalah sebuah kondisi.
  2. Merupakan batas untuk penulisan variabel atau nilai dari fungsi. Dalam hal ini batas bisa dengan ; (Titik Koma) atau (koma) tergantungan setingan komputer anda.
  3. nilai_jika_TRUE : Nilai yang akan dapat kita jika kondisi bernilai True atau benar dan pada kasus di atas bisa nilai “LULUS” atau “TIDAK LULUS”
  4. : Sama dengan keterangan no. 2
  5. nilai_jika_FALSE : Merupakan kebalikan dari keterangan no. 3, Jika kondisi tidak sesuai maka nilai ini yang akan ditampilkan.
Jika anda belum paham dan untuk mempersingkat Tutorial Microsoft Excel, Coba buatlah tabel seperti di atas kemudian klik atau pindahkan pointer pada cell D5 (kolom keterangan) kemudian ketiklah :
=IF(C5>59;”LULUS”;”TIDAK LULUS”)
Sekarang copylah cell D5 dan paste sampai dengan D13, lihat hasilnya.
Keterangan fungsi :
  1. Kondisi = C5 > 59 : C5 merupakan nilai(value) dari kolom nilai yang menjadi acuan untuk nilai(value) pada kolom keterangan. Sedangkan > 59 merupakan batasan nilai tengah penentuan dari hasil  “lulus” atau “tidak lulus”, Jika nilai lebih besar (>) dari 59 maka lulus (Nilai TRUE), selain dari itu (Nilai FALSE) maka tidak lulus.   Anda juga dapat menentukan dengan kondisi C5 >= 60, coba anda ganti dan akan menghasilkan logika fungsi IF yang sama berdasarkan keterangan penyelesaian pada gambar.
  2. Nilai_jika_TRUE : LULUS, jika variabel kondisi ditemukan sesuai dengan nilai maka LULUS.
  3. Nilai_jika_FALSE : “TIDAK LULUS”, jika variabel kondisi tidak ditemukan maka tampilkan nilai “TIDAK LULUS”

Post a Comment