Filter dalam Microsoft Excel berfungsi sebagai penyaring, maksudnya adalah menyaring kolom/ range berdasarkan criteria tertentu. Dengan menggunakan Filter dalam Microsoft Excel kita akan lebih mudah mencari data dengan criteria tertentu. Untuk lebih memahami fungsi Filter dalam Microsoft Excel perhatikan gambar dibawah ini.
Setelah melihat data diatas, misalnya saja kita ingin menyajikan data semua orang yang beralamat di Batang, Semua orang yang bekerja sebagai Pedagang, dan Semua laki laki. Tentu saja kita tidak mungkin menghapus satu persatu dari data yang tidak kita inginkan, nah disinilah fungsi Filter dalam microsfoft excel digunakan. Langkah langkah filter dalam Microsoft Excel.
1. Corot semua row 1 atau tempat yang akan kita buat dengan filter dalam sheet yang sedang aktif, kemudian pilih Sort & Filter,
setelah itu pilih filter, untuk lebih jelasnya perhatikan gambar dibawah ini.
2. Setelah langkah langkah seperti no 1 diatas benar, maka akan muncul seperti pada gambar dibawah ini.
Tanda dengan lingkarang merah diatas adalah tempat untuk mencari criteria dalam Filter, tekan tombol panah tersebut pasti aka ada beberapa pilihan filter, pilihlah sesuai dengan kebutuhan. Misalnya kita akan memfiliter data semua orang yang beralamat di Batang, maka kita tinggal mengklik tanda alamat di bawah batang setelah itu pilih Batang. Untuk lebih memahami fungsi filter dalam Microsoft excel perhatikan gambar dibawah ini.
3. Sehingga hasil akhir dari pembuatan Filter dalam Microsoft Excel akan tampak seperti pada gambar dibawah ini.
Kita dapat memilih criteria selain batang, kita juga dapat memilih semua pekerja laki laki atau perempuan langkah langkahnya sama dengan cara memfilter seperti pada gambar diatas.setelah mempelajari fungsi filter dalam microsoft excel kita dapat lanjut untuk mempelajari advanced filter dalam microsoft excel
Post a Comment