Mail Merge dari Excel ke Word

Dalam Mail Merge di Microsoft Word ternyata data tidak hanya dapat diambil dari data dengan format Microsoft Word saja, ternyata data dapat juga diambil dari data berbasis Microsoft excel, Microsoft excel dapat dijadikan sebagai media database dalam mail merge, hal ini akan mempermudah kita dalam membuat sertifikat atau surat masal, bagaimana langkah langkahnya ikuti langkah langkah berikut ini.
1. Mempunyai database dalam Microsoft Excel. Perhatikan gambar dibawah ini, saya mempunyai database di Microsoft excel dengan nama “ data kelas” dengan sheet bernama “ kelas enam” kemudian saya akan membuatnya menjadi database di mail merge di Microsoft word.
Mail Merge dari Excel ke Word
Mail Merge dari Excel ke Word
2. Persiapkan Microsoft word yang akan dibuat menjadi Mail Merge. Misalnya surat/ Ijazah/ sertifikat. Kalau belum tahu pembuatan sertifikat dengan Mcirosoft Word klik saja disini. Misalnya saja kita ingin mengisi Nama Alamat dan Tanggal lahir pada sertifikat dibawah ini,
Mail Merge dari Excel ke Word
Mail Merge dari Excel ke Word
3. Pada Microsoft Word klik Mailing, Klik Select Recipents, Klik Use Existing List…
Mail Merge dari Excel ke Word
Mail Merge dari Excel ke Word
4. Setelah itu pilih data yang akan kita gunakan untuk membuat mailmerge, yaitu data dari Microsoft Excel, buka filenya seperti pada gambar dibawah ini.
Mail Merge dari excel Ke word
Mail Merge dari excel Ke word
5. Kemudian Klik OK, setelah itu pilih nama Sheet yang akan digunakan, karena kita membuat data kita dengan nama Kelas enam, maka bukalah data Kelas enam seperti pada gambar dibawah ini .
Mail Merge dari excel Ke word
Mail Merge dari excel Ke word
6. Ketika kalian sudah mengisinya, maka tampilan menu Microsoft Word berubah menjadi seperti dibawah ini.
Mail Merge Excel ke Word
Mail Merge Excel ke Word
7. Kemudian pada bagian sertifikat/undangan/ klik saja dengan Insert Merge Field sesuai dengan data yang ingin dimasukkan, sehingga hasilnya akan seperti pada gambar dibawah ini
Mail Merge Excel ke Word
Mail Merge Excel ke Word
8. Klik Finish Mail Merge, kemudian klik Edit Individual Document seperti pada gambar dibawah ini
Mail Merge Excel ke Word
Mail Merge Excel ke Word
9. Kemudian hasilnya semua data sudah dapat dilihat, anda dapat menelitinya apabila terjadi beberapa kesalahan. Biasanya yang sering terjadi kesalahan adalah Format tanggal Mail Merge berubah, ingat perhatikan seharusnya setting region pada control panel computer yang anda gunakan menggunakan Indonesia, setelah itu untuk mengubah tanggal Microsoft excel menjadi format teks dapat menggunakan rumus seperti berikut =TEXT(C4;"dd-mmmm-yyyy") perhatikan gambar dibawah ini.

Post a Comment