Kadang kadang kita tidak Melulu harus mengetik sebuah kalimat, dalam Microsoft Word kadang-kadang kita juga membutuhkan sebuah Tabel untuk menunjang documen kita, bahkan menurut saya hampir semua documen membutuhkan Tabel untuk menyajikan data secara akurat. Contoh Tabel Dalam Microsoft Word
Berikut ini akan saja jelaskan bagaimana cara untuk membuat dan Mendesain Tabel seperti Gambar Diatas
1. Klik Menu Insert dan Terus Klik Table,
2. Setelah itu akan muncul tampilan seperti gambar dibawah ini.
3. Pengaturan Jumlah Columns dan Rows, Columns adalah banyaknya kotakan yang membujur ke samping( Horisontal) sedangkan Rows adalah banyaknya Kotakan ke bawah ( Vertikal). Untuk Mengatur Jumlah ini caranya ada dua yaitu seperti berikut
a. Cara Pertama langsung Menggunakan Pointer Mouse, setelah Menghitung Jumlah Kotakan yang diinginkan kemudian klik kiri mouse kita. Dalam Gambar dibawah ini Mouse menunjuk pada posisi 7 X 7 berarti menandakan kalau akan ada 7 Kolom dan Barisb. Cara kedua adalah dengan Mengisi secara manual Penggunaan Tabel, caranya tinggal mengklik tabel kemudian klik Insert Tabel.
Setelah itu akan muncul jumlah Columns dan Rows, isilah jumlah tersebut sesuai dengan kebutuhan kita,karena kita akan membuat tabel dengan jumlah Columns 6 dan Jumlah Row 15, isilah dengan angka tersebut, seperti pada gambar.
4. Dan setelah Kita mematuhi langkah-langkah di atas, maka akan nampak tabel seperti gambar di bawah ini. Kemudian isilah tabel tersebut.
5. Setelah kita mengisi tabel, akan tetapi ada beberapa hal yang harus kita atur agar Tabel kita bisa sesuai dengan harapan Kita. Contohnya seperti gambar dibawah ini.
Cara Menggabungkan/ Merge dua Kolom menjadi satu adalah sebagai berikut.
Blok kolom yang akan kita gabungkan ( Seperti pada Gambar)
Setelah blok klik kanan pada Mouse ( ingat mouse harus terletak pada daearah yang kita blok). Setelah itu akan muncul gambar seperti dibawah ini.
Kemudian Klik Merge Cells, maka hasilnya akan seperti gambar dibawah ini
Setelah berhasil menggabungkan dua Kolom menjadi satu, maka saatnya kita akan mengatur letak dari tulisan “ NO” tersebut agar ditengah-tengah kolom, caranya adalah dengan meblok kolom tersebut , seperti gambar di bawah ini.
Setelah itu dalam keadaan Mouse menunjuk ke Kolom yang akan kita rubah, Klik Kanan pada Mouse , kemudian klik CELL ALIGNMENT, kemudian klik Kotakan yang ada ditengah seperti gambar dibawah ini.
Untuk pengaturan kolom lain yang belum rapi bisa menggunakan cara diatas. Cobalah sendiri.
Post a Comment