Membuat Database dalam Microsoft Access

Microsoft Access adalah program khusus pembuatan database, database dalam microsoft Access berupa tabel jadi secara otomatis kalau kita membuat database baru maka akan membuat sebuah tabel baru. Untuk membuat database baru kalian pertama harus bisa membuat dan menutup program Microsoft Access. Berikut langkah langlah pembuatan database baru dalam Microsoft Access. Bukalah program Microsoft Access terlebih dahulu.
1. Klik View, kemudian pilih Design View, kemudian isikan nama table yang akan kita buat, untuk lebih jelasnya perhatikan gambar di bawah ini. Isilah nama table dengan “ Data Siswa Baru” . kemudian Klik OK.
Membuat database dalam ms.access
          Membuat Database
2. Kemudian isikan Field dan keterangannya. Setelah langkah pada no 1 selesai kemudian akan muncul seperti pada gambar dibawah ini. Ada dua kolom yaiut kolim Field Name, Data Type dan descriptions. Maksudnya kalau kita mengisi data Field Name akan menjadikan field tersebut menjadi kolom, dan untuk data type maksudnya adalah apa jenis data dari field name tersebut. Untuk mengetahui macam macam data Type dalam microsoft access klik saja link Data Type dalam Access.
Membuat database dalam Microsoft access
Membuat database
3. Isilah field name layaknya data data yang dibutuhkan dalam sebuah database seperti “ Nama”, “ ALamat “ , “ Tanggal Lahir” , “ Asal Sekolah” dan “ Jumlah Nilai UAN” , nanti hasilnya seperti pada gambar dibawah ini.
Membuat database dalam Microsoft Access
Database dalam Microsoft Access
4. Setelah itu klik View dan pilih Data Sheet View seperti pada gambar dibawah ini.
membuat Database dalam Access
Database dalam Access
5. Setelah itu anda disuruh menyimpan table/ database yang telah anda buat, klik saja ok. Kemudian isilah database kosong tersebut berdasarkan dengan data yang ada, misalnya seperti pada gambar dibawah ini .
Membuat database dalam Ms access
database dalam Ms access

6. Yang kalian buat itu adalah sebuah database dalam Microsoft access, setelah selesai membuat database maka kalian dapat menyimpannya, untuk menyimpannya sama seperti menyimpan program office lainnya. Caranya yaitu dengan klik Save, kemudian buatlah nama database tersebut setelah itu klik O.K.

Post a Comment