Menggunakan Fungsi SUMIF dan SUMIFS


Fungsi SUMIF dan Fungsi SUMIFSpada prinsipnya sama-sama digunakan untuk menjumlahkan cell dengan kriteria tertentu. Perbedaan Fungsi SUMIF dan Fungsi SUMIFS pada Microsoft Excel hanya pada jumlah kriteria yang akan digunakan, jika fungsi SUMIF hanya menangani satu kriteria penjumlahan sendangkan fungsi SUMIFS dapat menangani lebih dari satu kriteria. Berikut ini penjelasan yang lebih detail beserta contoh penggunaan Fungsi SUMIF dan Fungsi SUMIFS.
SUMIF
Fungsi SUMIF berguna jika kita menjumlahkan cell dengan satu kriteria tertentu. Syntax penulisan Fungsi SUMIF adalah sebagai berikut :
= SUMIF (rentang, kriteria, [SUM_range])
keterangan :
range = merupakan area dari kriteria yang akan kita uji (pada kasus di bawah ini range adalah  C3 : C12)
Criteria = merupakan variabel kriteria yang akan kita ambil sebagai ketentuan penjumlahan, bisa berupa angka, text atau cell (Pada Kasus ini Bisa “Monitor LCD, Mother Board, Processor Intel, Harddisk” tergantung pada jenis yang diinginkan)
sum_range = merupakan area nilai angka yang hendak kita jumlahkan berdasarkan kriteria yang telah kita tentukan nilainya berupa angka (Pada kasus di bawah ini F3 : F12)
Berikut ini contoh kasus yang penggunaan Fungsi SUMIF
Menggunakan Fungsi SUMIF dan Fungsi SUMIFSPada gambar di atas merupakan contoh kasus penggunaan Fungsi SUMIF yang akan kita bahas. Lihatlah pada Tabel Total Penjualan, untuk mengisi kolom (RP) kita akan menggunakan fungsi SUMIF untuk menentukan berapa jumlah penjualan total berdasarkan Nama Barang dari Monitor LCD pada cell C15, Mother Board pada cell C16 dan seterusnya.
Letakkan kursor anda pada cell C15 dan ketiklah =SUMIF(C3:12, “Monitor LCD”, F3:F15) dan ketik juga pada cell dibawahnya dengan mengganti kriteria ” Monitor LCD ” yang sesuai dengan Nama Barang yang diinginkan.
Untuk Agar lebih cepat dalam menjumlah ke bawah anda juga dapat mengetik fungsi SUMIF pada cell C15 seperti ini =SUMIF($C$3:$C$12,B15$F$3:$F$12) kemudian copy cell C15 dan paste ke bawah (ke cell C16, C17, C18). Cara ini berfungsi jika kriteria Nama Barang pada Tabel Penjualan sama dengan cell kriteria pada tabel Total Penjualan. Penambahan tanda “$” pada range dan sum_range diberikan karena variabel range pada setiap kriteria sama.
SUMIFS
Pada Fungsi SUMIFS berfungsi untuk menjumlahkan cell dengan lebih dari satu kriteria. Syntax penulisan dari Fungsi SUMIFS adalah sebagai berikut ini :
= SUMIFS (sum_range, criteria_range1, criteria1, criteria_range2, criteria2, …… ..)
Keterangan : Sama halnya dengan keterangan dari SUMIF, yang berbeda adalah pada fungsi SUMIFS anda dapat menentukan criteria_range dan criteria lebih dari satu, dengan catatan tentu saja criteria_range memiliki jumlah yang sama dengan criteria.
Berikut ini contoh penggunaan fungsi SUMIFS pada Microsoft Excel :
Menggunakan Fungsi SUMIF dan Fungsi SUMIFSPerhatikan pada tabel Total Penjualan Mother Board, di sini kita akan memberikan nilai jumlah dari total penjualan mother board pada bulan Maret dan bulan April berdasarkan tabel penjualan barang. Pada kasus ini kita harus menggunakan tiga kriteria yaitu kriteria nama barang, kriteria batas atas tanggal pada bulan Maret atau April dan kriteria ketiga adalah batas akhir dari tanggal pada bulan Maret atau April (yang kita ambil berdasarkan tanggal faktur).
Untuk menyelesaikan kasus di atas, ketiklah pada cell F16
=SUMIFS(F3:F12,C3:C12,“Mother Board”,B3:B12,“>=1-Mar-2015”,B3:B12,“<=30-Mar-2015”)
Keterangan Penggunaan Fungsi SUMIFS :
F3:F12 : merupakan sum_range dari tabel penjualan
C3:C12 : Merupakan range_criteria pertama dari Nama Barang
“Mother Board” : Kriteria pertama dari nama barang
B3:B12 : Merupakan range_criteria kedua dari tanggal pertama pada bulan Maret.
“>=1-Mar-2015” : Kriteria kedua dari tanggal yaitu 1 Mar 2015 yang merupakan awal dari tanggal di bulan Maret.
B3:B12, : Merupakan range_criteria kedua dari tanggal akhir pada bulan Maret
“<=30-Mar-2015” : Kriteria kedua dari tanggal yaitu 30 Mar 2015 yang merupakan akhir dari tanggal di bulan Maret

Post a Comment