Beda Teknologi EMMC Dan EMCP Dari Jumlah Kaki Pinout

emmc dan emcp memiliki jumlah kaki pinout yang berbeda . jumlah kaki pinout pada emcp lebih banyak karena merupakan gabungan antara emmc + ram ( lpddr ). bisa anda baca lebih detail perbedaan umum antara emmc dan emcp pada artikel ini  . 

Pada EMMC umumnya memiliki 153 kaki ( pinball ) tetapi yang digunakan hanya 30 kaki selebihnya tidak digunakan dan biasa disebut PACKAGE PIN 153. berikut data nama dari pinout tersebut :
1. 8x DATA pin ( DAT 0 - 8 )  
2. 1x CMD pin
3. 1x CLK pin
4. 1x RESET pin
5. 4x VCC pin
6. 4x VCCQ pin
7. 5x VSSQ pin
8. 3x VSS pin
9. 1x VDDI pin
10. 2x VSS pin


Pada EMCP jumlah kakinya bervariasi . saat ini teknologi pada EMCP ada beberapa varian yaitu PACKAGE 153 / 162 / 221 dan yang terbaru PACKAGE 529. untuk jumlah kaki pinout tentu saja sesuai dengan nama istilah PACKAGE - nya. namun yang berbeda adalah jumlah kaki pinout yang digunakan lebih banyak. yaitu terdiri dari 30 kaki EMMC + kaki pinout LDDR. untuk mengetahui lebih lanjut tentang LPDDR bisa anda baca di artikel ini. berikut adalah contoh kaki pinout EMCP LPDDR2 pabrikan SKHYNIX JDCC / JDBC yang digunakan pada smartphone OPPO JOY R1001. 

contoh kaki pinout EMCP PACKAGE 221 : 

contoh kaki pinout EMCP PACKAGE 529 : 

untuk EMCP PACKAGE 529 sementara belum punya data spesifikasi lengkap. akan saya update jika sudah memiliki data akurat . untuk info lebih lengkap lainnya tentang produk ini bisa dicari di wiki . bagi yang sedang mencari list code product emmc / emcp bisa baca disini. pengertian partisi A/B seamless android update pada nougat / oreo bisa baca disini  untuk penjelasan tentang partisi emmc / emcp bisa baca disini
demikian penjelasan mengenai jumlah kaki pinout dari emmc dan emcp. semoga bermanfaat. 

Post a Comment