Cara Membuat Efek Foto Kolase Menggunakan Photoshop Action



Dalam tutorial ini, saya akan menunjukkan kepada Anda cara menambahkan efek foto sederhana menggunakan action dalam Adobe Photoshop. Pertama, kita akan mengubah latar belakang dan kemudian menempatkan objek ke dalam satu set bentuk. Setiap langkah akan disimpan ke dalam action yang dapat digunakan dalam setiap foto.
Pada akhirnya, saya juga akan menunjukkan cara untuk mengotomatiskan action lebih lanjut dengan menggunakan JavaScript.
Ada banyak foto template, seperti efek ini, tersedia di Envato Market.
Aset yang digunakan selama pembuatan dalam tutorial ini sebagai berikut:
Pertama, ambil foto yang Anda ingin edit. Di sini, kita akan menggunakan stok foto dari Envato Market.

Open stock photo

Mari kita mulai membuat action. Kita ingin memasukkannya ke dalam satu set terpisah untuk manajemen yang lebih mudah. Membuka panel Actions (F9) dan kemudian klik icon New Set. Beri nama set dan kemudian klik OK. Kita akan menempatkan action dalam set ini.

Add new action set

Klik icon New Action dan beri nama Mute Background. Klik Record untuk mulai merekam semua langkah kita di Photoshop. Dari titik ini, saya mendorong Anda untuk mengawasi panel Actions. Anda tidak ingin memiliki action berantakan yang penuh dengan langkah-langkah yang tidak perlu.

Add new action

Klik icon Add Adjustment Layer dan kemudian pilih Levels.

Add Adjustment Layer Levels

Drag panah hitam pada parameter Output Levels ke kanan. Dengan melakukan ini, gambar jadi memudar dan memberi kita ruang untuk menambahkan efek khusus pada foto.

Modify output level parameter

Perhatikan bahwa dua hal yang baru saja dilakukan telah direkam pada panel Actions. Action pertama selesai. Tekan icon Stop pada bagian bawah panel Actions untuk menghentikan proses perekaman.

Stop the recording

Mari kita melanjutkan dengan langkah berikutnya. Kita akan menambahkan bentuk persegi panjang untuk foto dan kemudian membawa kembali gambar aslinya. Pada panel Actions, klik icon New Action untuk membuat action baru.

Add new action

Pilih Rectangle Tool. Menggunakan mode Shape dengan hitam sebagai warna Fill.

Activate Rectangle Tool

Klik dan drag untuk menggambar bentuk persegi panjang hitam.

Draw black rectangle shape

Anda harus melihat bahwa Make fill layer ditambahkan pada akhir action saat ini.

Step is added into the action

Klik-dua kali pada layer bentuk dan kemudian atur Blend Mode: Screen dan Knockout: Deep. Ketika Knockout diatur ke Deep, layer akan memungkinkan kita untuk melihat melalui semua layer dan memperlihatkan layer Background.

Set Blend Mode and Knockout
Background layer is revealed

Tanpa klik tombol OK, terus menambahkan Stroke. Dalam tutorial ini, kita akan menggunakan putih untuk warna stroke dan mengatur ukurannya ke 20 px. Jika Anda menggunakan gambar yang lebih kecil, Anda mungkin perlu menggunakan ukuran stroke yang lebih kecil.

Add Stroke
The result

Kita akan terus menambahkan Drop Shadow pada layer bentuk. Anda dapat klik dan drag ke dalam canvas untuk dengan mudah memodifikasi pengaturan bayangan. Setelah Anda puas dengan hasilnya, menekan tombol OK.

Add Drop Shadow
The result

Semua hal yang baru saja dilakukan-mengubah blend mode dan menambahkan layer styles-telah direkam sebagai satu langkah dalam action.

New step is added to the action

Hit Control-T untuk mengubah bentuk pada layer bentuk yang aktif. Klik dan drag bagian luar bentuk untuk memutar bentuk. Klik dan drag bagian dalam bentuk untuk mengubah posisinya. Ini juga akan direkam sebagai satu langkah pada akhir action.

Transform active layer

Action kedua sekarang selesai. Tekan icon Stop untuk berhenti merekam.

Stop the recording

Untuk alur kerja yang lebih cepat, mari kita menambahkan shortcut ke setiap action. Klik dua kali action Mute Background yang kita buat sebelumnya dan mengatur Function Key: F2.

Add shortcut into each action

Menambahkan shortcut yang lain ke action lain. Dalam hal ini, saya menggunakan F3.

Add shortcut into each action

Mari kita menjalankan action yang baru saja kita buat pada foto. Pertama, kita perlu mengatur ulang foto ke keadaan semula. Klik File > Revert atau tekan F12.

Revert file

Pada panel Actions, pilih action pertama, Mute Background, dan kemudian klik icon Play. Karena kita telah menambahkan shortcut F2 untuk action ini, kita hanya dapat menekan F2 untuk menjalankannya.

Play first action

Gambar sekarang menjadi memudar.

The result

Play action selanjutnya untuk mengungkapkan bentuk. Pilih action dan kemudian tekan icon Play. Kita juga bisa menggunakan shortcut, dalam hal ini F3.

Play second action

Untuk menambah bentuk lain, kita perlu memutar ulang action. Saat ini, bentuk secara otomatis akan diputar pada sudut yang sama dan ditempatkan pada posisi yang sama. Jelas, kita tidak menginginkan hal itu. Kita ingin dapat mengubah secara manual. Klik icon Modal control untuk Transform current layersehingga Photoshop akan menunggu input pengguna.

Wait for user input

Sekarang, replay action. Klik icon Play. Photoshop akan menghentikan sementara perintah mengubah dan menunggu input Anda. Memindahkan atau memutar bentuk dan kemudian tekan Enter untuk melanjutkan action.

Transform selected layer

Replay action dengan klik icon Play atau menggunakan shortcut, dalam hal ini F3.

Replay the action

Ini adalah hasil saya setelah menambahkan bentuk lainnya dengan menggunakan action yang sama. Kita selesai dengan action, dan Anda dengan mudah dapat menggunakannya untuk menambahkan efek untuk foto Anda. Tapi kita akan terus melanjutkan tutorial ini untuk customization yang lebih maju. Silakan baca jika Anda ingin dapat memodifikasi action atau menerapkannya lebih cepat menggunakan scripting. Jika Anda puas dengan hasil di bawah, Anda dapat berhenti membaca di sini.

Final result

Kita dapat menerapkan efek yang sama untuk foto lain menggunakan action yang sama. Berikut adalah foto dari pusat rekreasi wisata Ukraina. Anda hanya perlu menekan F2 untuk membuat latar belakang memudar dan kemudian F3 beberapa kali untuk menambahkan beberapa bentuk.

Run the first action
The background is muted

Anda dapat melewatkan langkah dalam action dengan klik icon Included. Jika tidak ada icon Included di depannya, langkah tidak akan menjalankan. Di sini, kita melewatkan Transform current layer saat ini.

Skipping step

Katakanlah kita ingin menggunakan warna yang berbeda pada stroke bentuk ini. Kita perlu mengedit langkah dengan memilihnya dan kemudian klik Record Again. Anda juga dapat klik dua kali langkah untuk melakukan hal ini.

Record the step again

Kotak dialog Layer Style akan terbuka. Pada bagian Stroke, mengubah Color ke hitam.

Change stroke color
Select black color

Memastikan untuk mengatur Blend Mode ke Screen dan Knockout ke Deep. Jika tidak, Photoshop akan menggunakan pengaturan default, Normal dan None. Klik tombol OK untuk menerima pengaturan dan secara otomatis menghentikan perekaman.

Set layers blend mode to Screen and Knockout to Deep

Jika diperlukan, Anda juga dapat memperlambat playback untuk meninjau setiap langkah. Klik Playback Options dan kemudian pilih Step by Step.

Slow down action playback by setting it to Step by Step

Play action untuk melihat hasilnya. Seperti yang dapat Anda lihat di bawah, bentuk kita sekarang memiliki stroke hitam.

Rotate the shape
Final result

Anda mungkin melihat bahwa pada efek foto ini, kita mengulangi action kedua secara manual. Dalam bahasa pemrograman, kita sebut itu loop. Kita benar-benar dapat mengotomatiskan proses ini menggunakan script di Photoshop. Ya, Photoshop mempunyai script juga. Buka teks editor dan kemudian menambahkan baris kode berikut.
1
app.doAction("Mute Background", "My Actions");
Baris ini akan menginstruksikan Photoshop memainkan action bernama Mute Background dalam mengatur set My Actions.
Untuk menjalankan action lainnya, menambahkan baris kode ini.
1
app.doAction("Add Photo Shape", "My Actions");
Run action using script
Menyimpan teks sebagai file JavaScript dengan ekstensi *.jsx. Di Photoshop, klik File > Scripts > Browsedan kemudian pilih file untuk menguji script.

Save as a jsx file

Mari kita menambahkan loop untuk action kedua dengan mengganti baris kedua dengan baris kode berikut.
1
2
3
4
var repeat = true;
while (repeat) {
    app.doAction("Add Photo Shape", "My Actions");
}
Baris-baris ini akan meminta Photoshop untuk terus play action Add Photo Shape dari set action My Actions.

Add loop to the script

Photoshop akan terus play action karena variabel repeat selalu true. Selanjutnya, kita perlu meminta pengguna apakah mereka ingin mengulang action atau tidak. Menambahkan baris kode berikut while di dalam loop.
1
repeat = confirm("Add another box?");

Add confirmation dialog box

Kita sudah selesai. Mari kita menjalankannya. Klik File > Scripts > Browse. Dalam kotak dialog Load, memilih script yang baru kita buat.

Run the script
Load JavaScript file

Kedua action akan mulai. Setelah mengubah bentuk, kotak dialog akan muncul menanyakan apakah pengguna ingin terus menambahkan bentuk lain atau berhenti di sana. Jika pengguna menjawab yes, bentuk lain akan dibuat.

First shape
Yes I want to add another shape
Transform the shape
More shapes

Advertisement
Jika pengguna memilih No, action akan berhenti.

I dont want to add another shape
Final result

Kita selesai. Saya percaya Anda telah belajar banyak dari tutorial ini. Anda baru saja belajar cara untuk mengotomatiskan proses kerja Anda menggunakan action Photoshop. Anda juga telah memahami ide dasar membuat script di Photoshop. Saya harap Anda dapat menggunakan teknik ini untuk membantu Anda bekerja lebih cepat. Terima kasih untuk membaca.

Final effect of photograph with actions applied

Post a Comment