Cara Mudah Setting Jaringan Komputer


Seperti yang diketahui jaringan komputer memang memiliki peranan yang sangat penting terlebih lagi untuk bagian penyebar luasan, pembagian, ataupun transfer data dengan menghubungkan antar komponen maupun perangkat.

Berbagai fungsi dan manfaat dari jaringan komputer juga terbilang cukup banyak yang mencakup kemudahan dalam mengakses segala informasi, kemudahan dalam pertukaran data file meski dalam ukuran yang besar, serta yang paling penting yakni lebih efisien sehingga mampu menekan biaya pengeluaran.
Seperti yang telah diulas pada artikel sebelumnya mengenai cara kerja jaringan komputer yang meliputi perangkat server dalam memposisikan diri sebagai penyimpan data, mengelolanya lalu diteruskan atau disebarluaskan ke komputer clients yang telah meminta (request) data terlebih dahulu.
Namun sebelum anda menikmati rangkaian kemudahan dalam jaringan komputer tentunya anda harus melakukan setting jaringan komputer terlebih dahulu, dan hal ini menjadi wajib untuk dapat mensinkronkan ataupun menggunakannya.
Pada dasarnya setelah segala komponen baik perangkat keras dan perlengkapannya maupun software telah diposisi masing-masing selanjutnya tinggal setting jaringan komputer  tersebut agar dapat melakukan pertukaran data, browsing, mengirim email dan banyak hal yang terkait informasi pengolahan data.
Nah berikut ini akan kami hadirkan cara mudah setting jaringan komputer step by step yang juga dapat dijadikan sebagai salah satu referensi untuk anda.

Cara Mudah Setting Jaringan Komputer

Sebelum menuju langkah penyetingan yang terpenting setelah segala komponen terpasang yakni pastikan sistem operasi yang digunakan di perangkat komputer anda telah mendukung protokol jaringan yang biasanya menggunakan TCP/IP.
Selanjutnya langkah pertama yang harus anda lakukan yakni masuk ke menu star dari sistem operasi anda dan pilih “Control Panel”.
cara setting jaringan komputer 1
Kemudian anda akan di hadirkan pilihan perintah kerja “Control Panel” selanjutnya anda pilih “Viev Network Status and Tasks” pada perintah “Network and Internet” seperti gambar dibawah ini.
cara setting jaringan komputer 2
Selanjutnya pilih “Change Adapter Setting” seperti gambar di bawah ini untuk dapat melakukan setting jaringan komputer.
cara setting jaringan komputer 3
Setelah masuk ke pilihan konektivitas klik kanan pada “Local Area Connection” kemudian pilih “Properti” seperti gambar dibawah ini.
cara setting jaringan komputer 4
Selanjutnya anda akan dihantarkan pada perintah box jaringan internet protokol, pilih “Internet Protocol Version 4 (TCP/IPv4) seperti pada gambar dibawah ini:
cara setting jaringan komputer 5
Kemudian masukkan alamat IP pada komputer 1 serta alamat DNS dan kemudian klik “OK”
cara setting jaringan komputer 6
Selanjutnya isi alamat IP dan DNS pada komputer kedua sama persis seperti komputer pertama hanya saja pada ujung alamat IP di komputer kedua diganti dengan 2 dan save dengan klik “OK”.
cara setting jaringan komputer 7
Sampai di sini seharusnya koneksi jaringan komputer anda telah dapat digunakan, dan untuk menguji apakah jaringan komputer bekerja atau tidak,  lakukan melalui perintah CMD dengan melakukan Ping ke IP tersebut dan lihat bagaimana respon dengan mereplay berarti jaringan telah berfungsi, selamat mencoba.

Post a Comment