Pengertian LPDDR Dalam EMCP Pada Android Smartphone

didalam EMCP terdapat suatu chip yang mirip dengan komponen pada komputer ( memory DDR ) yang pada istilah bidang smartphone biasa disebut LPDDR. memory DDR pada komputer dan LPDDR adalah hampir sama cuma beda istilah dan supply saja, yaitu sebagai komponen memory SDRAM. kepanjangan dari LPDDR adalah LOW POWER DOUBLE DATA RATE ( type SDRAM ). jenis dan kecepatan pada LPDDR ini juga bermacam-macam seperti DDR SDRAM pada komputer. berikut teknologi chip LPDDR pada EMCP :
1. Mobile DDR ( MDDR) atau biasa disebut LPDDR1
2. LPDDR2
3. LPDDR3


semakin tinggi nilai angka dibelakang huruf semakin cepat pula proses yang dijalankan chip tersebut ( semakin cepat kinerja smartphone ). LPDDR ini dibagi menjadi 2 system instruksi yaitu x32 ( x86 ) dan x16 ( x64 ) . nilai besaran ( SIZE RAM ) juga berbeda ada yang 512, 1GB, 2GB, 4GB, 8GB dan seterusnya tergantung teknologi vendor pembuatnya. tiap-tiap smartphone memiliki type LPDDR yang berbeda dan tidak selalu sama. penggantian EMCP harus sesuai dengan spesifikasi yang dibutuhkan, pencarian data spesifikasi harus dilakukan jika komponen pengganti EMCP tidak bermerek sama ( persamaan ) jika tidak maka tentu saja EMCP baru yang dipasang tidak akan bekerja.

contoh produk chip EMCP dan spesifikasi :
1. KML5U000HM => ram 8GB => LPDDR1
2. KMN5U000FM => ram 4GB => system x16 => LPDDR2
3. KMK5U000VM => ram 8GB => system x32 => LPDDR2


beberapa vendor smartphone ada yang menggunakan LPDDR secara terpisah, ( CPU + LPDDR + EMMC ) . biasanya dapat dijumpai diatas ic CPU ( tumpuk ) dan EMMC terpisah. design hardware ini bisa dijumpai pada beberapa produk SAMSUNG smartphone type NOTE dan TABLET.

Post a Comment